Tuesday, December 1, 2015

Membuat Tampilan yang Sama untuk semua User Account beserta Setingannya di Windows 7

Setelah selesai menginstall Windows (7) biasanya kita menginstall software, tampilan tema dan mengatur tampilan desktop sedemikian rupa sehingga menarik untuk dilihat dan mudah bagi pengguna pemula untuk menggunakan komputer tersebut. Dan ini sangat cocok untuk komputer kantor atau warnet yang menggunakan sistem NComputing atau sejenisnya. Sehingga kita tak perlu repot-repot melakukan pengaturan desktop beserta konfigurasi aplikasi di setiap user account (pengguna) baru.
Tampilan Client NComputing (Tema Klasik)



Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.  Atur terlebih sedemikian rupa tampilan desktop dan konfigurasi softwarenya (Cache/ User profile untuk browser, tempat penyimpanan filenya (Documents), dan sebagainya;
Desktop tanpa Quick Launch

2.  Setelah dirasa ok, masuk ke Start - Control Panel - User Accounts - Create new account - Test, di sini sebagai permisalan user accounts yang kita atur adalah User;
Contoh User Accounts yang sudah jadi di NComputing
3.  Start - Log off, kemudian masuk ke user accounts Test, lalu masuk ke Windows Explorer - Organize - Folder & search options;
Pilih Show hidden files dan hilangkan centang Hide protected operating system files
4.  Drive C - Users, perhatikan folder Default. Rename/ beri nama baru untuk folder Default menjadi misal: Default.old. Masih di folder Users, copy folder User kemudian Paste di tempat yang sama (folder Users) sehingga menjadi User - Copy. Kemudian rename User - Copy menjadi Default.

5.  Klik kanan folder Default - pilih Properties;
Beri centang pada Hidden
Pada Default Properties Tab pilih Security - klik Advanced
 6.  Perhatikan dialog box Advanced Security Settings for Default - klik Change Permissions...;
Pada Permission entries: Double click (klik ganda) Everyone
Beri centang semua pada Permissions: Allow - OK
7.  Klik Apply - OK dan seterusnya sampai selesai. Default user accounts siap diterapkan untuk semua user accounts baru yang kita buat. 
8.  Start - Log off - kemudian masuk kembali User. Start - Control Panel - User Accounts - Manage another accounts - klik Test - Delete the account - Delete Files - Delete Account dengan tujuan menghapus user account Test.
9.  Setelah terhapus buat account baru Start - Control Panel - User Accounts - Create new account - misal: New. Start - Log off masuk ke New, lihat hasilnya semua tampilan dan konfigurasinya sama dengan user account User.
10. Untuk di Windows Xp lebih mudah lagi, tanpa harus mengubah permission entry. Default menjadi Defaul.old danuser account yang mau dijadikan Default tinggal dicopy pastekan kemudian ubah namanya menjadi Default.
Mudah bukan dan untuk menambahkan Quick Launch di Windows 7 akan dibahas di postingan berikutnya.





No comments:

Post a Comment