Monday, August 28, 2023

Sharing Folder di Windows dengan Mudah

Bismillah... Boleh jadi tak selamanya kita memindahkan files atau beberapa folder dengan kapasitas besar ke PC lain dalam satu jaringan dengan menggunakan flashdisk maupun hardisk eksternal apalagi pada saat itu juga kita sedang tidak membawa Flashdisk atau Hardisk eksternal. Sehingga kita harus menggunakan cara lain agar tetap bisa memindahkan/ menyalin files atau beberapa folder ke PC lain. Berikut adalah langkah-langkah sharing folder di Windows agar dapat terhubung dengan PC yang lain.

1.  Masuk ke Windows Explorer (Tekan Tombol Windows + E) atau Klik Icon Windows Explorer

2.  Di sini kita mencoba untuk Sharing Folder Documents sehingga dapat diakses oleh PC lain.


3.  Klik Kanan Folder Documents - Share with - Spesific people...


4.  Pada Dialog Box File Sharing - Klik Drop Down Menu dan Pilih Everyone - Add


5.  Pada Name Everyone - Klik Read/Write - Klik Shared (Tunggu sampai proses selesai)

6.  Lihat IP Address PC dimana Documents tadi dishare - Masuk CMD - ketikkan ipconfig - Enter. Misal IP4 Address nya adalah 192.168.1.79 (Catat!). IP ini yang dijadikan target untuk pemindahan atau pengambilan Files ke PC lain.

7.  Masuk lagi ke Windows Explorer - Networks - atau Ketikkan \\192.168.1.79 nanti akan terlihat Folder yang telah dishare tadi. Misal sebagai berikut:


8. Dengan demikian kita bisa mengakses Documents dari PC Lain. Cara ini juga bisa dilakukan untuk memindah/ menyalin Files/ Folders dari Smartphone ke PC atau sebaliknya.

9. Sekian dan semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment